Senin, Juli 22, 2024
spot_img
BerandaAgenda TahunanHari Koperasi Indonesia 2023: Sejarah, Tema, dan Ucapannya

Hari Koperasi Indonesia 2023: Sejarah, Tema, dan Ucapannya

Makassar – Hari Koperasi Indonesia merupakan salah satu perayaan penting yang diperingati pada tanggal 12 Juli setiap tahunnya. Tahun 2023 ini merupakan peringatan Hari Koperasi Indonesia yang ke-76 tahun.
Penetapan Hari Koperasi Indonesia tak terlepas dari sejarah panjang sejak hadirnya koperasi di Indonesia.

Lantas, seperti apa sejarah Hari Koperasi Indonesia?

Sejarah Hari Koperasi Indonesia
Hari Koperasi di Indonesia pertama kali ditetapkan pada tanggal 12 Juli 1947. Penetapan tanggal 12 Juli sebagai Hari Koperasi Indonesia merupakan salah satu keputusan dari penyelenggaraan Kongres Koperasi I.

Tahun 2023 ini menjadi yang pertama kalinya Hari Koperasi 12 Juli 2023 menyandang nama sebagai Hari Koperasi Indonesia. Puncak acara HKI tahun ini akan dilaksakanakan di dua tempat, yakni di Jayapura dan Jakarta. (1)

Sementara itu menurut laman Kemendikbud, Hari Koperasi di Indonesia ditetapkan pada tanggal 12 Juli 1974. Penetapan Hari Koperasi Indonesia ini berangkat dari sejarah panjang berdirinya koperasi di Indonesia.

Dikutip dari laman Kemendikbud, sejarah perkoperasian di Indonesia bermula pada tahun 1886 saat Pamong Praja Patih R.Aria Wiria Atmaja di Purwokerto mendirikan sebuah Bank untuk para pegawai negeri (priyayi). Bank tersebut didirikan untuk menolong para pegawai yang terjerat pinjaman dengan bunga tinggi.

Untuk mewujudkan impian tersebut, seorang asisten residen Belanda De Wolf Van Westerrode kemudian menganjurkan mengubah bank tersebut menjadi koperasi.

Pada tahun 1908, Raden Soetomo mendirikan perkumpulan “Budi Utomo” untuk memanfaatkan sektor perkoperasian untuk menyejahterakan rakyat miskin dengan mendorong industri kecil dan kerajinan.

UU koperasi yang pertama yaitu “Verordening Op De Cooperatieve Vereeniging” kemudian dibentuk pada tahun 1915. Bunyi undang-undang tersebut sama dengan UU bagi rakyat Indonesia, anggaran dasar koperasi tersebut harus dalam Bahasa Belanda dan dibuat di hadapan notaris.

Kemudian pada tahun 1927, dibentuk Serikat Dagang Islam yang bertujuan untuk memperjuangkan kedudukan ekonomi pengusaha-pengusaha pribumi. Dua tahun berselang tepatnya tahun 1929, didirikan Partai Nasional Indonesia yang bertujuan menyebarluaskan semangat perkoperasian di tanah air.

Namun, perkembangan koperasi di Indonesia sempat terhenti. Pada tahun 1933, dikeluarkan UU No. 431 yang mematikan usaha koperasi.

Koperasi di Indonesia kembali didirikan ketika Jepang menduduki Indonesia pada tahun 1942. Saat itu Jepang mendirikan Koperasi Kumiyai.

Pada awal berdirinya, koperasi ini berjalan dengan normal. Namun, fungsinya tiba-tiba berubah drastis ketika Jepang menjadikannya sebagai alat untuk mengeruk keuntungan dan menyengsarakan rakyat Indonesia.

Pada 12 Juli 1947, pemerintah Indonesia mengadakan Kongres Koperasi I di Tasikmalaya, Jawa Barat. Pada penyelenggaraan kongres ini ditetapkan beberapa keputusan penting, yaitu mendirikan Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI), menetapkan gotong royong sebagai asas koperasi, termasuk penetapan tanggal 12 Juli sebagai Hari Koperasi.

Selanjutnya, di tahun 1953 Kongres Koperasi II dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat. Adapun beberapa hasil dari kongres kedua tersebut yaitu mengganti nama SOKRI menjadi Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), mengangkat Moh. Hatta sebagai Bapak Koperasi Indonesia, serta akan dibuat undang-undang koperasi yang baru. (2)

Tema Hari Koperasi Indonesia ke-76
Tema yang diangkat dalam peringatan Hari Koperasi Indonesia berbeda-beda setiap tahunnya. Adapun tema yang diangkat pada tahun 2023 ini yaitu ‘Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat’.

Tagline yang diangkat tahun ini sejalan dengan gerakan ‘Bangga Berkoperasi, Indonesia Maju’ dalam rangka mendukung Program Revolusi Mental pemerintah yang bertujuan mengembalikan orientasi pembangunan ekonomi yang mengedepankan rakyat. (3)

Ucapan Hari Koperasi Indonesia ke-76
Selamat memperingati Hari Koperasi ke-76 tahun 2023. Semoga koperasi Indonesia semakin maju, dan terus jadi penggerak pertumbuhan ekonomi yang nyata.
Selamat Hari Koperasi Nasional. Dengan koperasi, mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan semoga ini bukan sekedar ucapan dan kata-kata semata
Koperasi merupakan rumah besar bagi UMKM. Mari kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membeli produk dan brand lokal. Selamat Hari Koperasi Nasional ke-76!
Dirgahayu Koperasi Indonesia. Mari kita majukan Koperasi dalam mewujudkan kemandirian ekonomi rakyat.
Selamat Hari Koperasi Nasional. Semoga koperasi turut berperan dalam kemandirian dan perekonomian bangsa Indonesia yang lebih baik lagi.
Selamat Hari Koperasi Indonesia 12 Juli 2023. Maju terus Koperasi Indonesia, sejahtera rakyat Indonesia.
Selamat memperingati Hari Koperasi Indonesia Ke-76. Mari wujudkan ekonomi rakyat yang berdaulat bersama anggota yang sehat dan koperasi yang kuat.”
Selamat Hari Koperasi Indonesia! Harapan dan pesan terbaik pada Harkopnas ke-76 tahun, semoga koperasi turut berperan dalam kemandirian dan perekonomian bangsa Indonesia yang lebih baik lagi.
Selamat memperingati Hari Koperasi Nasional, 12 Juli 2023! Koperasi terbukti menjadi tulang punggung nasional sekaligus pilar penting ekonomi Indonesia.
Selamat Hari Koperasi Indonesia 12 Juli 2023. Semoga koperasi mampu bertransformasi untuk ekonomi berkelanjutan. Ayo berkoperasi!
Mari kita majukan koperasi dalam mewujudkan kemandirian ekonomi rakyat. Dirgahayu Koperasi Indonesia ke-76.
Selamat Hari Koperasi Indonesia. Dengan koperasi, wujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan semoga ini bukanlah sekadar ucapan dan kata semata!
Selamat Hari Koperasi Nasional ke-76. Koperasi merupakan rumah besar bagi UMKM. Mari kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membeli produk dan brand lokal.
12 Juli 1947, Koperasi Indonesia resmi berdiri. Selamat Hari Koperasi Indonesia yang ke-76 tahun untuk satu tujuan dalam kemandirian dan perekonomian bangsa.”
Selamat Hari Koperasi Nasional ke-76. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
Nah, itulah tadi penjelasan lengkap tentang sejarah Hari Koperasi Indonesia, tema yang diusung, serta contoh ucapannya. Selamat memperingati Hari Koperasi Indonesia ya, detikers!

Sumber:

(1) Dewan Koperasi Indonesia
(2) Kemendikbud ‘Tahukah Sobat SMP, Sejarah Koperasi di Indonesia?’
(3) Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia

https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6818155/hari-koperasi-indonesia-2023-sejarah-tema-dan-ucapannya.

RELATED ARTICLES

14 KOMENTAR

  1. Semangat berkoperasi. Bangga menjadi bagian dari koperasi. Semoga tetap jaya dan selalu menjadi wadah untuk membantu semuanya Khususnya pekerja.. ..
    AyOO KOPERASI Pasti BiSA…..

  2. Selamat Hari Koperasi Nasional! Mari bersatu, berkolaborasi, dan berinovasi demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

    Koperasi… Cuann cuann cuann!!! πŸ’΅πŸ’΅πŸ’΅

  3. Selamat Hari Koperasi Nasional! Mari bersatu, berkolaborasi, dan berinovasi demi kemajuan dan kesejahteraan bersama. πŸŽ‰πŸ€

    Koperasi.. Cuann cuann cuann!!!

  4. Pergi berlayar Datuk Laksmana,
    Singgah sekejap ke Negeri Melaka,
    Koperasi Pekerja Putri Tujuh diberi nama,
    Koperasinya maju mensejahterahkan Anggota.

  5. Selamat Hari Koperasi Nasional !!
    Dengan semangat penuh, Koperasi Pekerja Putri Tujuh bergerak maju mengembangkan usaha. Untuk itu mari kita dukung semangat ini sebagai anggota koperasi yang penuh koperatif.
    Buat teman2 yang belum menjadi anggota, ayo dukung Koperasi Pekerja Putri Tujuh ini dengan menjadi anggota koperasi.
    Rasakan semangat pengurus Koperasi kita ini melalui pembagian SHU nanti nya.
    Jaya selalu Koperasi Pekerja Putri Tujuh.
    Jaya… Jaya… Jaya…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments

Taufiq Azhar Nst pada RAT Tahun Buku 2023 telah Tiba
Anggota pada IED MUBARAK 1444 H